Sabtu, 23 Desember 2017

Membuat Custom Bar Tape dan Memasangnya di Bullhorn Handlebar - DIY

Do it yourself | Cara membuat bar tape pembungkus stang sepeda dengan biaya murah | Memasang bartape pelilit handlebar dengan pola harlequin pattern | Variasi lilitan stang sepeda fixie mirip belah ketupat
Bar tape atau pembungkus stang bawaan sepeda fixie saya bahannya kain, warna putih. Mudah kotor, tidak mudah dibersihkan. Saya berencana menggantinya. Awalnya ingin beli jadi. Tapi melihat metode lililtan unik pola harlequin, akhirnya saya membuat bar tape sendiri dengan biaya murah.

Mari kita bahas proses pembuatan dan pemasangannya.

Alat dan Bahan yang Digunakan:

  • Bahan
  1. Kain jok, yang biasanya dipakai untuk membungkus kursi sofa. Semacam kulit sintetis.
    Sebagai bahan utama bar tape. Saya pilih yang tipis supaya bisa kelihatan rata pada sisi-sisi lilitannya. Saya beli dua warna, coklat tua dan coklat tua, masing-masing 50 cm, jadi 1 meter panjang. Lebarnya 150 cm. Masih sisa, bisa digunakan untuk membungkus sadel supaya warnanya senada. Sebenarnya bisa dihemat lagi pembeliannya, tapi si penjual belum tentu membolehkan kalau kita beli cuma sedikit. Harganya pun beda-beda. Apabila ingin membeli seperlunya, datanglah ke tukang jok atau pengrajin mebel. Di situ kita bisa membeli sedikit, secukupnya saja. Akan tetapi pilihan warna dan corak mungkin terbatas dan belum tentu sesuai dengan selera kita.
    Harga Rp. 25.000 per meter
  2. Karet ban bekas.
    Sebagai dalaman bar tape. Karena bahan kain jok yang tipis mungkin akan terasa keras apabila langsung dililit pada handlebar (stang). Karet ban akan membantu lebih mantap dan berisi.
    Harga Rp. 0
  3. Solasi double tape.
    Sebagai bahan perekat lilitan.
    Harga Rp. 3.500
  • Alat
  1. Gunting atau pisau cutter untuk memotong.
  2. Penggaris untuk mengukur agar lebih pas.
  3. Pensil untuk menandai ukuran.
  4. Kawat atau yang lain untuk menahan sementara lilitan karet agar tak lepas.
  5. [Opsional] Jarum atau mesin jahit untuk melubangi bahan pelilit (memberi corak lubang-lubang pada sisinya). Gunakan jarum ukuran besar.
Oke...

Sekarang Proses Pembuatannya:

1. Ukur bahan kain jok dengan penggaris lalu tandai dengan pensil.
Ukurannya adalah:
  • 150 cm X 3 cm untuk warna coklat tua
  • 50 cm X 3 cm untuk warna coklat muda
2. Lalu potong dengan gunting atau cutter.
3. [Opsional] Kemudian gunakan mesin jahit dengan jarum ukuran besar (minimal ukuran 21) tanpa benang untuk melubangi satu sisi bar tape buatan tadi.

Membuat Custom Bar Tape Sendiri dengan Lubang di Satu Sisi
Lubang-lubang di satu sisi, walaupun hasilnya kurang bagus.
Ini punya saya. Memang hasil lubangnya gak maksimal. Gak sebagus pola-pola bar tape yang dijual di pasaran. Akan tetapi ketika sudah terpasang di handlebar, hasilnya lumayan mempermanis tampilan juga.
4. Siapkan karet ban. Bisa ban dalam bekas motor atau sepeda. Potong sesuai kebutuhan secukupnya.

Proses Pemasangan:

Pemasangan bar tape dimulai pada stang sebelah kanan.

1. Ukur jarak pemasangan bar tape dari stem. Pemasangan dimulai dari dekat stem dan diakhiri di ujung handlebar (stang). Saya menggunakan ukuran jarak 6 cm dari stem untuk pemasangan lilitan karet ban. Dan jarak 5 cm dari stem untuk pemasangan lilitan bar tape agar awal lilitan karet ban tidak terlihat karena tertutup sempurna oleh bar tape, lebih rapi. Tandai dengan pensil. Ukuran-ukuran jarak tersebut bisa diubah sesuai kebutuhan.
2. Ambil isolasi double side tape kemudian lilitkan ke stang.

Memasang Double Side Tape pada Stang
Memasang double side tape pada stang.
3. Lepaskan penutup selotip kemudian lilitkan karet ban setelahnya. Saya sarankan lilitkan karet ban yang sudah dicuci dulu supaya lebih bersih. Mulai lilitkan dari titik awal, yaitu jarak 6 cm dari stem (atau sesuaikan dengan kebutuhan) yang tadi sudah diukur dan ditandai dengan pensil.
Apabila ingin memasang selotip double tape pada karet ban dulu, baru kemudian melilitkannya pada stang juga bisa. Silakan lakukan jika dirasa lebih mudah atau lebih baik.
4. Pada akhir lilitan di ujung handlebar, ikatlah dengan kawat atau sejenisnya untuk menahan sementara supaya lilitan tetap kencang dan tidak mudah lepas.

Melilitkan Karet Ban Sebagai Dalaman Bar Tape
Melilitkan karet ban sebagai dalaman bar tape.
5. Lilitkan double tape lagi. Kali ini pada karet ban yang telah terlilit sebelumnya. Lilitan isolasi ini dimulai dari jarak 5 cm dari stem (di luar awal lilitan karet ban).
Atau jika dikehendaki, bisa juga melilitkan isolasi di bagian dalam bar tape, bukan di karet ban. Silakan pilih.

Memasang Double Tape Untuk Merekatkan Bar Tape Buatan Sendiri dengan Karet Ban Sebagai Dalaman
Memasang double side tape lagi.
6. Siapkan bar tape buatan sendiri tadi. Saya contohkan yang warna coklat muda. Lipat sedemikian rupa (lihat gambar di bawah sebagai referensi) dengan jarak lipatan kurang lebih antara 9 - 10 cm. Ukuran tersebut saya dapat dari lingkar stang, silakan coba sendiri. Jangan lupa untuk memasang isolasi agar lipatan bisa merekat.

Melipat Custom Bar Tape Buatan Sendiri Untuk Persiapan Membuat Pola Unik pada Stang Sepeda
Melipat bar tape untuk persiapan membuat pola.
7. Pasang isolasi pada bagian dalam bar tape warna coklat tua. Kemudian posisikan bagian dalamnya menghadap ke atas. Lalu tempelkan bar tape warna coklat muda di atasnya seperti pada gambar berikut ini:

Merekatkan Dua Custom Bar Tape Buatan Sendiri untuk Kombinasi Warna
Merekatkan dua bar tape untuk kombinasi warna.
8. Lipat dan rekatkan bar tape warna coklat tua seperti ini:

Melipat dan Merekatkan Dua Custom Bar Tape Untuk Pembuatan Pola
Lipat dan rekatkan untuk pembuatan pola
9. Lepaskan pelindung selotip pada karet ban dan rekatkan sambungan bar tape sedemikian rupa sebagai awal lilitan. Awal lilitan ini dimulai dari jarak 5 cm dari stem (di luar awal lilitan karet ban, supaya awal lilitan karet ban tidak terlihat alias lebih rapi).

Awal Lilitan Custom Bar Tape Buatan Sendiri dengan Pola Kombinasi Warna
Awal lilitan pola kombinasi warna.
10. Lilitan pada stang sebelah kanan ini arahnya berlawanan dengan arah jarum jam. Lilitkan bar tape warna coklat tua dulu hingga melingkar dan muncul lagi dari depan dan kemudian menutupi bar tape warna coklat muda. Lihat gambar berikut:

Proses Melilit Bar Tape Coklat Tua Melingkar Menutupi Coklat Muda
Bar tape coklat tua melingkar menutupi coklat muda.
11. Lilitkan lagi bar tape coklat tua sekali lagi. Akan tetapi kali ini tidak menutupi coklat muda, melainkan lewat di bawahnya. Untuk memudahkan lewatnya coklat tua di bawah coklat muda, maka coklat muda untuk sementara disingkap dulu.
Ketika yang tua mau lewat, yang muda memberi jalan.

Proses Melilit Custom Bar Tape Buatan Sendiri Membentuk Pola Warna
Bar tape coklat tua lewat di bawah coklat muda.
12. Kemudian giliran bar tape warna coklat muda yang dililit. Lingkarkan ke depan hingga tembus belakang. Lalu lewatkan coklat muda di bawah coklat tua. Untuk memudahkan, singkapkan dulu coklat tua.
Gantian, giliran yang muda mau lewat, yang tua memberi jalan.

Memasang Custom Bar Tape Buatan Sendiri dengan Pola Kombinasi Warna
Gantian, bar tape coklat muda lewat di bawah coklat tua.
13. Rekatkan kembali coklat tua. Dan pola sudah terbentuk.

Pola Harlequin Kombinasi Warna Custom Bar Tape Buatan Sendiri
Pola kombinasi warna bar tape sudah terbentuk.
Silakan dipelajari. Dan tentu saja kalau tidak dicoba malah bisa bingung. Sebelumnya saya mencoba latihan membuat pola ini dengan bar tape lama secara asal-asalan untuk sekedar memahami alurnya. Apabila sudah mencoba tapi belum juga bisa, cari videonya lalu pelajari lagi. Mohon maaf saya tidak menyertakan video tutorial karena saya mengerjakan ini sendiri, jadi gak ada yang membantu merekam video.

Ketika proses pemasangan, lilitkanlah bar tape dengan kencang supaya tidak mudah lepas dan awet. Silakan lanjutkan lilitan selanjutnya. Saya sendiri memasang warna coklat muda cuma tiga kali kemunculan. Hanya sekedar menambahkan aksen saja, gak sampai full. Dan ketika kemunculan warna coklat muda yang ke tiga, ada sedikit perbedaan. Karena letaknya yang berada di lekukan bullhorn yang berbelok ke depan. Di situ warna coklat tua dililit dua kali di bawah warna coklat muda. Hal ini karena bila cuma satu kali lilitan di bawah coklat muda maka akan tidak mudah dilakukan, mengingat letaknya yang berada di lekukan stang. Akan tetapi hal ini tidak terjadi saat saya latihan membuat pola ini memakai bar tape lama. Bar tape berbahan kain itu tetap bisa dililit normal pada lekukan handlebar. Ini menunjukkan bahwa beda bahan, beda juga fleksibilitasnya.

Perbedaan Pola Lilitan Bar Tape pada lengkungan Bullhorn
Perbedaan pola lilitan bar tape pada lengkungan bullhorn.
Dan selanjutnya warna coklat tua dililitkan sampai penuh dan disisakan sedikit, dimasukkan ke lubang ujung stang. Kemudian dipasanglah handlebar plug sebagai penutup sekaligus pengunci lilitan.

Trik Cara Pemasangan Custom Bar Tape Buatan Sendiri dengan Aksen Pola Harlequin
Hasil jadi pemasangan custom bar tape.
Untuk bagian stang sebelah kiri, pemasangan dilakukan terbalik (mirror). Mulai dari pelipatan dan penyambungan kedua bar tape di awal. Hingga pelilitan dilakukan dengan arah searah jarum jam (berkebalikan dari stang kanan).

Lama pengerjaan tergantung jam terbang, keuletan, ketelitian, kesabaran serta pengenalan terhadap kelenturan bahan. Saya rasakan bedanya melilit bahan ini dengan bahan bar tape lama. Dan semakin teliti, juga semakin berusaha rapi, tentu akan semakin memakan waktu. Saya sendiri baru pertama kali ini membuat dan memasang bar tape (kecuali saat latihan membuat pola harlequin ini dengan  bar tape lama). Untuk stang bagian kanan dengan minimnya pengalaman, saya menghabiskan waktu kurang lebih dua jam untuk menyelesaikannya. Dan untuk stang bagian kiri dengan pengalaman suksesnya memasang lilitan bar tape di stang kanan, saya menyelesaikannya dengan waktu yang lebih cepat yaitu kira-kira satu setengah jam. Untuk yg berpengalaman dan sudah ahli, mungkin setengah jam sudah cukup.

Selain karet ban, kita bisa juga menggunakan silikon gel lembaran sebagai dalaman bar tape. Mungkin akan berbeda rasa jika digenggam nantinya. Tentu saja akan berbeda pula biaya yang dikeluarkan.

Terima kasih sudah menyimak, silakan dipraktekkan trik cara pembuatan dan pemasangan custom bar tape dua warna dengan pola harlequin.

Referensi

  1. Harlequin Pattern Handlebar Wrap
Sumber gambar: Dokumentasi pribadi, diedit dengan Gimp

0 comments:

Posting Komentar