Minggu, 17 April 2016

"Cezve" dan "Kahve Değirmeni" dari Turki

Pengalaman beli belanja cezve ibrik dan degirmeni grinder kopi tradisional melalui Ebay dari Turki dengan pembayaran PayPal
Kemarin, pesanan saya berupa "Cezve" dan "Kahve Değirmeni" dari Turki datang dan mendarat dengan selamat di tangan saya. Ini adalah pertama kalinya pengalaman saya belanja melalui Ebay. Anehnya, si Pak Pos datang dari pintu belakang rumah. Hahaha.. Tapi bukan itu poin pentingnya.
Jadi gini...

Cezve (di beberapa tempat sering disebut ibrik) adalah panci khusus yang dipergunakan untuk proses penyeduhan kopi khas tradisional Turki sejak jaman Ottoman/Utsmaniyyah/Osmanlı (Kekhalifahan Turki Utsmani) di abad pertengahan ratusan tahun yang lalu. Yang selanjutnya bangsa-bangsa Eropa ikut belajar ngopi dari orang-orang Turki tersebut. Metode penyeduhannya sangat mirip "Kopi Kothok" dari Cepu, Blora akan tetapi Kopi Turki lebih spesifik. Sedangkan Kahve Değirmeni adalah alat penggiling biji kopi yang dilengkapi gagang tuas agar bisa memutar penggilingannya secara manual.

Tanya: Kenapa beli peralatan seduh kopi khas Turki?
Jawab: Ya karena suka dan tertarik dengan metode seduh dan sejarahnya.
Tanya: Kenapa beli melalui Ebay? Kenapa gak dari situs jual beli di Indonesia?
Jawab: Sebenarnya bukan karena gak mau. Tapi karena beberapa hal.
Cezve yang saya tahu di situs-situs web jual beli, juga web penjual khusus peralatan kopi di Indonesia, bukan buatan Turki, banyak yang buatan Cina. Gak apa-apa sih sebenernya, sekedar kepuasan aja. Kalau orang Indonesia sepertinya belum ada yang membuat pada saat saya menulis ini. Lalu dari segi bentuk dan bahan juga tidak benar-benar sama, kesan klasiknya kurang dapet, rata-rata terlalu modern. Kalau dari segi harga saya hitung-hitung lebih murah yang saya beli melalui Ebay ini.
Değirmeni yang saya lihat di situs jual beli Indonesia cuma satu sampai saya menulis artikel ini. Harganya jelas banget lebih mahal dari yang saya beli ini. Trus juga gak kelihatan ada aktifitas di situ, apa mungkin stok lagi kosong mungkin. Pernah juga kepikiran buat beli grinder (penggiling) manual yang lain, yang bukan değirmeni, tapi yang berbentuk klasik gaya Eropa, bahannya dari kayu. Itu banyak dijual di Tokopedia dan Bukalapak. Tapi berhubung saya tertarik dengan metode Turkish, gak ada salahnya kalau grindernya juga sepaket aja biar klop.

Paket Kahve Degirmeni Cezve Ibrik Kopi Turki Kurukahveci Mehmet Efendi Bea Cukai Ebay
Paketan telah diperiksa oleh Dirjen Bea Cukai

Singkat cerita, saya browsing di Ebay dan setelah menemukan lapak yang cocok, saya baru daftar. Lapak yang saya pilih bisa dibeli langsung tanpa melalui proses lelang, mengingat banyak sumber yang mengatakan bahwa sebenarnya Ebay merupakan situs lelang. Jadi saya gak mau lelang, saya maunya langsung aja, simpel dan lebih murah. Selain itu, si seller (penjual) yang saya pilih sudah terpercaya, banyak buyer (pembeli) yang puas dan memberikan tanggapan positif padanya. Trus saya bayarnya melalui PayPal yang memang ada hubungan dengan Ebay. Dan saya punya saldo PayPal bukan dari kartu kredit, bukan juga dari beli saldo/balance, melainkan dari penghasilan saya jualan desain di internet.

Tapi pada saat pembayarannya saya mengalami masalah. Pembayaran gagal. Halaman error tertulis begini:
Return to merchant and try a different payment method
We are not able to process your payment using your PayPal  account at this time. Please return to the merchant's website and try using a different payment method (if available).
Error saat pembayaran Ebay dengan PayPal. Return to merchant and try a different payment method. We are not able to process your payment using your PayPal  account at this time. Please return to the merchant's website and try using a different payment method (if available).
Error saat pembayaran Ebay dengan PayPal
Saya nyari-nyari solusinya dari pengalaman orang lain, ada yang menyarankan tunggu beberapa saat lagi. Saya coba beberapa saat lagi, sampai nunggu esok hari tetep gagal. Dan solusi yang berhasil saya lakukan adalah membayar satu-satu. Jadi pembayaran saya gagal ketika saya membayar kedua pesanan sekaligus. Akan tetapi berhasil jika saya lakukan pembayaran satu satu. Saya lakukan pembayaran degirmeni dulu, berhasil. Kemudian pembayaran cezve, berhasil. Esoknya paketan dikirim dari Ankara, Turkey. Lalu tinggal nunggu sampai.

Tanya: Kapan nyampainya?
Jawab: Pesanan saya ini sampai dalam waktu 5 minggu
Tanya: Apa?? 5 minggu??
Jawab: Ya, saya ulangi lagi.. 5 minggu
Tanya: Kok lama ya?
Jawab: Iya lama, mungkin ada perbedaan di sini. Saya pernah baca pengalaman orang lain katanya sekitar 2 minggu sampai. Tapi untuk ini masih saya anggap wajar karena jauh, perbatasan Eropa dan Asia. Kalau dari Malaysia mungkin lebih cepet.
Tanya: ada pajaknya gak?
Jawab: Nah, soal pajak. Yang saya denger tentang urusan bea cukai barang dari luar negeri ini, kalau harga sekaligus biaya kirim melebihi USD 50 baru dikenai pajak. Ini yang saya beli gak sampai segitu jadi gak kena pajak. Dan kabarnya walau gak kena pajak, biasanya pihak pos minta biaya kurir, entah untuk pengepakan kembali atau apa gitu, dan jumlahnya gak mahal, di bawah IDR 20.000. Tapi, kemarin saya tidak ditarik biaya sama sekali. Apa mungkin gara-gara Pak Posnya datang dari belakang rumah ya... Hahaha... Saya jadi inget dulu pernah minta gratis (bukan beli) CD installer Linux Ubuntu (software komputer) dari Belanda melalui program Ubuntu Shipit juga gak ditarik biaya sama sekali.

Soal isi paketannya. Barangnya bagus, sesuai keterangan. Dapat bonus satu sachet Kopi Kurukahveci Mehmet Efendi (kopi merk sana) untuk satu porsi. Dan ternyata juga dapat bonus dua sendok kopi (saya gak tahu kalau ada bonus sendok). Barang-barangnya baru, tapi klasik, vintage, khas dan tradisional banget. Sebenarnya sempet juga yang suka cezve lain yang ada ukiran atau lukisannya, tapi lebih mahal. Balik lagi yang penting fungsinya.

Cezve Degirmeni Kopi Turki Kurukahveci Mehmet Efendi Sendok Kopi Antik khas Ottoman dari Turki melalui Ebay
Degirmeni, cezve, kopi Kurukahveci Mehmet Efendi dan sendok antik

Tanya: Kalau pengen beli dari Ebay, tapi masih terkendala pembayaran gimana? Misalnya belum punya akun PayPal.
Jawab: Solusinya adalah gunakan jasa pihak lain. Ada banyak pihak yang menawarkan jasa pembelian dari luar negeri. Jadi setelah milih barang yang akan kita beli, kita tunjukkan ke pihak penjual jasa tadi. Mereka yang akan membeli barang tersebut dan mengirimkannya ke kita. Dan kita membayarnya memakai rupiah pada mereka. Dan mereka akan mengambil keuntungan beberapa persen untuk jasanya tersebut.
Tanya: Lalu siapa penjual jasa tersebut yang terpercaya?
Jawab: Mohon maaf, saya gak bisa merekomendasikan karena saya sendiri belum pernah punya pengalaman tentang itu. Silakan cari infonya sendiri. 
Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

2 komentar:

  1. Salam Mas Faqeeh, saya boleh minta diinfokan nama seller ebay tempat Mas Faqeeh membeli cezve dan degirmeni? Terima kasih.

    BalasHapus